Untuk Pertama Kali, Siswa SMK Negeri 1 Karimun Lakukan Ujian Semester Berbasis Android

KEPRIONLINE.CO.ID,KARIMUN – Sebanyak 930 siswa SMK di Karimun mengikuti ujian semester gajil Tahun Pelajaran 2019/2020 berbasis berbasis android,Senin (2/12/2019).

Kepala Sekolah SMK Negeri I Karimun,Drs. Mastur M.M.Pd mengatakan,Ujian semester berbasis android dijalankan secara offline dengan menggunakan jaringan Local Area Network(LAN) dan Server saja.

Ujian berbasis android ini merupakan tuntutan Revolusi industri 4.0 serta himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim untuk menggunakan teknologi agar kinerja lebih cepat,efisien dan bisa menghemat anggaran sekolah saat diadakan ujian.

Jika kita ujian menggunakan kertas kita bisa menghabiskan dana jutaan untuk fotocopy soal ujian belum untuk keperluan lainnya,maka dari itu saat panitia ujian menawarkan ujian berbasis android ini saya sangat setuju dengan dampak positif yang begitu banyak termasuk menghemat anggaran tadi.

Ketua Panitia PAS Ganjil SMK Negeri 1 Karimun Rizki Meliasari menjelaskan,ujian berbasis Android juga mampu mencegah terjadinya kecurangan antar peserta.

“Para peserta nantinya mengerjakan ujian langsung menggunakan aplikasi Flyexam Browser walaupun menggunakan android mereka tidak bisa googling untuk mencari jawaban,karna apabila mereka keluar dari aplikasi maka aplikasi langsung memblokir peserta hingga tidak bisa mengerjakan ujian dan dianggap selesai dan juga peserta tidak bisa melihat teman sebelahnya karna soal setiap peserta sudah otomatis di acak”

Panitia ujian mengatakan untuk tahun ini masih terbatas hanya menggunakan 13 kelas dan terbagi 4 sesi karna terbatas server dan akses poin

“Kami berharap kedepan pelaksanaan ujian berbasis android bisa lebih dan pemerintah daerah bisa membantu kami agar pengerjaan ujian berbasis android ini bisa dikerjakan serentak semua kelas dengan adanya server dan akses point disetiap kelas.

Saya berharap ujian berbasis android ini bisa menjadi contoh untuk sekolah lain dan kami menyatakan siap untuk bekerja sama jika sekolah lain ingin mengerjakan ujian berbasis android seperti kami, Kata Ketua Panitia PAS Ganjil SMK Negeri 1 Karimun Rizki Meliasari . ( KEPRIONLINE.CO.ID KARIMUN / Y23).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *