Keprionline.co.id, Tanjungpinang – Mewujudkan percepatan digitalisasi Ekosistem Pelabuhan di Indonesia, Pelindo telah bekerjasama dengan PT Mitra Kasih Perkasa (MKP) menghadirkan solusi boarding management system pelabuhan Sri Bintan Pura, Rabu (4/8/2024).
PT MKP merupakan perusahaan nasional pertama dan satu-satunya yang telah terverifikasi SE-DJPL No 33 Tahun 2023 sebagai operator untuk mendigitalkan pelabuhan.
Pelabuhan Sri Bintan Pura yang merupakan gerbang utama wisatawan dan penduduk
Tanjungpinang, melayani jutaan penumpang setiap minggunya dari Batam, Tanjung Balai
Karimun, Selat Panjang, Bengkalis, Tanjung Batu, Moro, dan masih banyak lagi.
Penerapan sistem e-ticketing didukung dengan kehadiran manifestasi data, dimana penumpang cukup mengisi data diri satu kali saja saat pembelian tiket kapal pertama kali. Seluruh data diri penumpang akan secara otomatis tersimpan ke dalam sistem, sehingga penting bagi penumpang untuk mengisi data diri sesuai dengan identitas diri. Wajib bagi para penumpang membawa KTP agar proses pencatatan identitas penumpang lebih akurat.
Sekretaris Jenderal Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) sekaligus Ketua Dewan
Transportasi Kota Jakarta, Haris Muhammadun menyampaikan penerapan sistem e-ticketing membantu pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih transparan, baik dari segi harga
maupun peningkatan layanan yang dinikmati para penumpang.
“Program digitalisasi ini sejalan dengan program kerja MTI, dimana MTI akan senantiasa bersinergi dan mewarnai kemajuan transportasi di Indonesia,” ucapnya.
Program digitalisasi Pelabuhan Sri Bintan Pura juga telah mendapatkan dukungan penuh dari
Pemerintah Kota Tanjungpinang dan Lembaga Adat Melayu (LAM).
Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Zulhidayat menyampaikan dukungan terhadap penerapan sistem e-ticketing di Pelabuhan Sri Bintan Pura, Kota Tanjungpinang.
“Tentunya penerapan sistem e-ticketing ini sejalan dengan program pemerintah, yaitu sistem pemerintahan berbasis elektronik,” ujar Sekda Kota Tanjungpinang itu.
Penerapan sistem e-ticketing telah berjalan efektif sejak Bulan Agustus 2024, dimana
masyarakat Kota Tanjungpinang telah merasakan manfaat positif penerapan sistem e-ticketing.
Respon positif juga muncul dari kalangan masyarakat dalam sejumlah media sosial, salah satunya seperti yang di sampaikan melalui kolom komentar di akun Tiktok infopinang.
“Lebih enak karna ada
asuransi jadi bisa terdata di manifest jika terjadi apa-apa di perjalanan,” tulis salah satu akun di media sosial. ( Lita).