Jika Tidak Mau Terjebak Hoax Pahami Beda Pers Dengan Medsos

KEPRIONLINE.CO.ID,BATAM – Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo mengatakan, Masyarakat yang ada di Provinsi Kepulauan Riau harus bisa memahami perbedaan pers dengan media sosial supaya publik tidak terjebak dan bisa membedakan informasi hoax atau palsu.

Produk pers dengan media sosial jauh memiliki perbedaan, Dimana produk pers dihasilkan adalah berita sesuai dengan fakta sesungguhnya dilapangan, Sementara media sosial yang dihasilkan adalah informasi yang faktanya perlu di telusuri.

Selain itu produk pers dikelola oleh wartawan yang sudah memiliki sertifikasi kompetensi yang terukur dan pemberitaan harus memiliki unsur 5W+1H (What, Who, When, Where, Why + How) dan memiliki badan hukum yang mengacu kepada standar perusahaan pers dan ada penanggung jawab, Sementara media sosial informasinmya langsung dan individual .

Jika masyarakat menemukan suatu informasi dalam jaringan sosial jangan langsung percaya bahwa itu adalah sesuai dengan fakta sesungguhnya, Karena di era digital saat ini semua informasi terbuka lebar, kalau kita tidak jeli terjebaklah mereka dalam informasi hoax.Perlu saya sampaikan juga bahwa produk pers memiliki batasan yang disebuk kode etik jurnalistik sementara media sosial tiddak ikatan apa – apa, Kata Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo kepada puluhan pimpinan redaksi yang mengikuti workshop jurnalistik di Hotel Nagoya, Rabu ( 24 / 4 ). ( KEPRIONLINE BATAM / JANTUA ) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *