Terkait Sarden Bercacing, Petrus Sitohang CS Sidak Ke Pasar Bintan Centre

Adanya temuan ikan kaleng (sardines) yang bercacing dari 3 merk luar yang beredar di masyarakat, beberapa Anggota komisi I DPRD kota Tanjungpinang langsung melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa kios penjualan ikan kaleng di kawasan Pasar Bintan Centre hari ini, Jumat, (23/03/2017).

Dari hasil pemeriksaan langsung yang dilakukan, tidak ditemukan ikan kaleng yang mengandung parasit cacing.

“Kita telah melakukan pemeriksaan langsung terhadap ikan kaleng yang dijual, ternyata tidak ada ditemukan yang mengandung parasit cacing. Memang yang kita periksa itu adalah ikan kaleng dengan merk yang berbeda dengan 3 merk yang sebelumnya dinyatakan mengandung parasit cacing itu. 3 merk itu yaitu Hoki, IO, dan Farmerjack memang sudah diperintahkan untuk ditarik dari peredaran oleh BPOM,” katanya kepada keprionline.co.id.

Petrus juga menghimbau masyarakat agar tetap tenang menyikapi hal ini.

“Masyarakat tidak perlu panik. Pemerintah melalui dinas terkait telah melakukan aksi yang cepat bersama BPOM untuk mengecek toko-toko dan swalayan dan juga pasar-pasar untuk memastikan bahwa produk sarden yang beredar adalah yang sehat dan layak konsumsi serta bebas dari cacing,” tambahnya.

Sementara itu Kadis Kesehatan kota Tanjungpinang, Rustam mengajak masyarakat agar meneliti setiap produk sebelum membelinya.

“Masyarakat kita himbau agar meneliti terlebih dahulu setiap produk sebelum membelinya. Cek dahulu tanggal kadaluwarsanya, lihat juga tampilan fisik produk tersebut. Dan jangan ragu melaporkan kepada kami jika ditemukan produk yang bermasalah,” katanya.

Hadir dalam sidak ini, Anggota Komisi I DPRD kota Tanjungpinang, Petrus Sitohang, Rika Adrian, Maskur Tilawahyu, Agus Djurianto, Ilimar, Kadis Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam, dan Kasatpol PP kota Tanjungpinang, Effendi.

(KEPRIONLINE/TANJUNGPINANG/MANURUNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *