Stop BAB Sembarangan

Bupati Bintan ANSAR AHMAD, SE, MM beserta Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementerian RI Prof. Dr. CHANDRA YOGA ADITAMA menyerahkan berbagai penghargaan di bidang kesehatan kepada masyarakat di terminal Simpang Lagoi, Kec. Teluk Sebong pada hari ini Kamis (25/10/2012). Penyerahan 9 kategori penghargaan atas bantuan di Bidang kesehatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bintan Drs.KHAZALIk, Sekda Bintan Ir.LAMIDI, Kepala Dinas Kesehatan PUJI BASUKI dan sejumlah Kepala SKPD di lingkungan Pemkab Bintan. Kegiatan bertemakan “Melalui Kegiatan Peningkatan Kualitas Jamban Keluarga & Pencanangan satu rumah, satu Mahasiswa, Kita Sukseskan Program Pengentasan dan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Bintan”.

Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit & Penyehatan Lingkungan Kementerian RI Prof. Dr. CHANDRA YOGA ADITAMA memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih yang besar atas usaha dan kerja keras pemkab Bintan dalam bidang kesehatan. “Kesehatan itu sangat penting, pengurusan akte kelahiran juga sangat penting, semua itu jangan sampai tersendat”. Pemkab Bintan telah sangat bagus dan maksimal dalam melakukan promotif, rehabilitasi, preventif. Ia meminta agar semakin ditingkatkan, dan berharap agar pengobatan untuk lansia dapat dijadikan pembinaan terpadu yang juga dapat digunakan untuk pemuda. Ia berpesan agar Bintan semakin sehat dan sejahtera selalu, dan ia memberikan singkatan kepada Kab. Bintan yaitu :

B = Bersih Pangkal Sehat

I = Ingat Selalu Cuci Tangan Pakai Sabun

N = Nikmati Makanan Bergizi Seimbang

T = Tidak Buang Air Sembarangan

A = Aktifkan Posyandu dan Pospindu

N = Nyalakan Terus Semangat Berolah Raga

Adapun ke 9 penghargaan tersebut adalah :
1.Penghargaan kepada masyarakat yang termotivasi membangun jamban sehat sebanyak 600 unit. Bantuan merupakan shering antara Pemkab Bintan dengan Pemerintah Provinsi Kepri. Masing-masing masyarakat menerima sebesar 1 juta rupiah.

2.Bantuan 4 buah ambulan diberikan kepada Puskesmas di ; Kec. Teluk Sebong, Berakit, Sri Bintan dll

3.Bantuan Akte Kelahiran gratis kepada anak didik siswa-siswi se-Bintan sebanyak 1500 lembar.

4.Bantuan permodalan kepada 2 buah Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sebesar 109.500.00 rupiah dan bantuan 56 KUBE sebesar 25 juta per-KUBE

5.Bantuan beasiswa DPPM pada 1 keluarga, 1 rumah, program mahasiswa keluarga kurang mampu. Bantuan diberikan pada semester I hingga lulus dalam bentuk semi ikatan dinas. Beasiswa diberikan oleh PT. Mitra Investindo, Tbk yang diserahkan langsung oleh General Manajer PT. Mitra Investindo SELLY.

Dalam sambutannya Bupati Bintan ANSAR AHMAD, SE, MM mengatakan bahwa sanitasi total berbasis masyarakat STOP Buang Air Besar Sembanrangan (BABS) realisasi program 32.450 rumah di Bintan. Yang sudah dilaksanakan sebesar 3.199 rumah atau 9,85% dan 3.160 jamban yang dibangun, serta 32.240 program RTLH dengan bantuan sebesar 15 s/d 20 juta masing-masing wajib disertai dengan jamban.

ANSAR AHMAD juga menjelaskan bahwa telah dibangun 6 buah jamban komunal, pada program bedah rumah per- 5 orang Kepala Keluarga. Pemberian 20 jamban oleh PT. Penggadaian pada program “Bina Lingkungan” di desa Toapaya Asri, serta 80 jamban melalui dana CSR PT. Bintan Cahaya Terang. Sampai saat ini Pemkab juga telah berhasil melakukan pemicuan masyarakat untuk membangun 809 unit jamban. Masyarakat yang memiliki jamban sederhana juga mendapat bantuan masing-masing 1 juta rupiah sebanyak 600 buah jamban, agar dapat merubah jamban yang sederhana menjadi lebih baik. Di Bintan 1 buah desa yaitu Toapaya sudah ODF dan sudah menggalakkan jamban keluarga, dan dalam waktu dekat 2 kecamatan akan ODF di Teluk Sebong dan Bintan Timur.

Tahun 2013 Pemkab akan menyelesaikan jamban di darat bagi yang belum punya melalui program bedah kampung. Sesuai target MDGS minimal 69%, namun pemkab telah lebih melakukan itu yaitu sebesar 85,7% bagi masyarakat di daerah pesisir dan di desa-desa. Diberikan bantuan 4 buah ambulan pada tahun ini, dan tahun depan akan ditambah 3 unit lagi untuk semua puskesmas. “Pada peringatan 17 Agustus juga dilaksanakan deklarasi cuci tangan pakai sabun oleh ribuan pelajar di Bintan sebagai komitmen bersama termasuk juga rumah tangga masyarakat”. Tahun 2011 juga dilaksanakan deklarasi makan buah dan sayur di Kec. Mantang, dan deklarasi tidak merokok untuk anak sekolah dan para guru sempena menggalakkan kegiatan Bebas Merokok di Kab. Bintan.

Bupati ANSAR AHMAD juga menjelaskan bahwa dalam rangka memutuskan mata rantai kemiskinan struktural di Kab. Bintan maka digalakkan 1 rumah melahirkan 1 mahasiswa untuk membangun keluarga yang lebih baik, melalui program beasiswa setiap waktu. Bantuan beasiswa juga diberikan kepada 329 orang mahasiswa D3 dan S1 masing-masing menerima 8-12 juta rupiah/bulan sampai selesai melaui dana CSR dan DKTM, total dana diperkirakan hampir 40 Milyar rupiah. Beasiswa juga diberikan Sahid Bintan Tourism Internasional (SBTI). dari jumlah 2.437 anak 311 anak dibantu melalui beasiswa. Pihak Lagoi dan Lobam juga membantu beasiswa 29 orang mahasiswa di Sateg Singapuran dan Universitas lainnya. Setiap tahun 8000 orang dibantu pihak Lagoi dan Lobam diberikan beasiswa. Karena perjuangan tersebut 3 tahun yang lalu Bupati Bintan ANSAR AHMAD pernah mendapatkan penghargaan di Hancau China.( KO )

Read 1192 times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *