Pesawat Tempur Milik TNI Siap Amankan Lautan Kepri ,Ini Jenis Pesawatnya

KEPRIONLINE TANJUNGPINANG – Lima pesawat tempur milik Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TN I AU) jenis Hawk 100/200 akan melakukan operasi pengamanan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) di Kepri.

“Kelima pesawat ini akan tiba di bandara hang nadim batam pada tanggal 1 april 2018,” ujar Kolonel PNB Moch. Dadan Gunawan, Komandan Lanud (Danlanud) RHF Tanjungpinang, Rabu (28/3/2018)

Komandan Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang Kolonel PNB Moch. Dadan Gunawan, S.T mengatakan, dimana kelima pesawat tempur tersebut berasal dari Skadron Udara 1 Supadio Pontianak yang siap latihan tempur  di Pekanbaru.

“Kita akan gelar operasi dan latihan pesawat tempur di batam, kenapa di batam karena untuk hubungan operasi di tanjungpinang masih belum memadai,” kata Danlanud RHF Tanjungpinang

Tambah Danlanud,  kedatangan pesawat tempur nantinya selain untuk melakukan patroli juga melakukan pengawasan udara mengamankan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) di Kepri dan Selat Malaka.

“Sebelum ke batam mereka sudah melakukan latihan pengeboman di pekanbaru. Barulah mereka bertolak ke batam selanjutntya akan bertolak kembali ke skuadron udara 1 supadio pontianak,” paparnya

Danlanud juga mengatakan untuk melakukan operasi pengamanan, pengamatan ALKI dan Selat Malaka ini pihaknya juga bekerjasama dengan angkatan dari satuan lain. “kita akan patroli menggunakan pesawat tempur, sehingga kalau ada hal-hal yang mencurigakan kita akan berikan informasi ke komando atas dan kesatuan samping seperti angkatan laut,”katanya.

Selanjutnya Danlanud menambahkan, terkait pengawasan lalu lintas  wilayah ruang  udara diatas Kepulaun Riau  pihaknya selalu berkoordinasi dengan Skuadron Udara 12 Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru dan Skadron Udara 1 Supadio Pontianak.

“Lanud RHF Tanjungpinang tidak memiliki pesawat tempur, karena masih belum memiliki peralatan-peralatan poendukung pengoperasian pesawat tempur itu sendiri, kita hanya sebagai pendukung kegiatan operasi yang sudah di gariskan oleh komando atas,” katanya

Lanud RHF berada dibawah Komando Operasi Udara 1 atau berada diwilayah Barat. Kekuatan tempur wilayah barat berada di Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru dan Lanud Pontianak.

“Sehingga apabila ada operasi yang dilaksanakan di wilayah ruang udara kepri oleh komando atas pesawat yang hadir berasal Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru dan Lanud Pontianak,” tutupnya.( KEPRIONLINE TANJUNGPINANG / K23 ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *