Pentas Budaya Keluarga Flores Manggarai se Pulau Bintan Meriah

KEPRIONLINE. CO. ID,  BINTAN ~ Silaturahmi Pentas Budaya Keluarga Besar Flores Manggarai se Pulau Bintan di Lapangan RRI Kota Tanjung Pinang berlangsung meriah. Minggu 3/09/2017.

Acara yang dilaksanakan oleh Himpunan Masyarakat Manggarai se Bintan ini diikuti oleh sekitar 500 orang Manggarai.

Ketua Flores Bintan, Blasius dalam sambutannya mengatakan:”Kita masyarakat Flores Manggarai yang ada di Pulau Bintan harus dapat meningkatkan persatuan dan kesatuan. Mari bahu membahu ikut berpartisipasi dalam setiap pembangunan bangsa. Jaga lah nama baik Flores Manggarai,” katanya.

Acara ini diisi dengan berbagai pertunjukan seni budaya Flores Manggarai seperti Renggas, tarian Sae dan Seni Tari Perang Caci.
Renggas ini berupa seremonial sebelum melakukan acara adat. Ini adalah tarian yang dilakukan oleh para pria yang disertai dengan nyanyian dan pantun bahasa Flores Manggarai. Setelah itu dipertunjukkan tarian Sae oleh remaja-remaja Manggarai.

Puncak acara adalah pertunjukan tarian pertarungan Caci. Tarian ini adalah warisan leluhur Flores Manggarai yang sangat dihormati dan dilestarikan turun temurun. Caci merupakan pertarungan pecut pria manggarai yang melambangkan kekuatan, kejantanan dan keperkasaan pria Manggarai. Dua tim dipertemukan dalam tarung caci ini. Tim Batam dan Bintan.

Ketua DPRD Tanjung Pinang Ade Angga, Anggota DPRD Tanjung Pinang Simon dan perwakilan dari Dinas Pariwisata Tanjung Pinang ikut hadir dalam acara ini.

“Kita bangga memiliki budaya khas leluhur seperti tarian tarung pecut Caci ini. Ini semua memperkaya khasanah budaya bangsa kita. Dan kita juga bangga ini ada di tanah melayu yang kita cintai ini,” kata Angga.  (GIBSON MANURUNG-Tanjung Pinang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *