Pemkab Natuna Akan Bangun Cold Storage 3000 Ton

KEPRIONLINE.CO.ID, NATUNA – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan sebagai poros maritim Indonesia, pemerintah pusat akan memprioritaskan pembangunan Natuna dengan membangun cold storage (Lemari pendingin) dengan kapasitan 3000 ton.

“Yang sudah ada sekarang, cold storage dengan kapasitas 200 ton,” kata Ngesti usai menghadiri acara pelatihan desa bebas kekerasan terhadap perempuan dan anak di Natuna, Selasa, 8 Agustus 2017.

Menurut Ngesti, pembangunan cold storage (Lemari pendingin) dengan kapasitan 3000 ton bertujuan untuk menampung ikan-ikan hasil tangkapan nelayan yang dikirim ke Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Natuna.

“Rencananya terealisasi pada tahun 2018,” katanya.

Ngesti mengungkapkan, jika rencana pembangunan cold storege kapasitas 3000 ton terlaksana, maka diperlukan daya listrik yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

“Sementara saat ini daya listrik yang tersedia di Natuna hanya satu mega,” ucapnya.

Karenanya, Wakil Bupati Natuna berharap kedepan ada kesinambungan dalam peningkatan pembangunan listrik untuk mengimbangi pembangunan cold storege dengan kapasitas 3000 ton.

Mengingat, kata Ngesti, diperlukan daya listrik yang cukup besar untuk menggerakan cold storage maupun peralatan lain yang berhubungan kegiatan tersebut.

Saat ini, terangnya, ketersediaan daya listrik di Natuna hanya 1 mega. Dari asumsi pembangunan cold storage kapasitas 300 ton, maka akan dilakukan penambahan daya ditengah sekitar 5 mega dan pada Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) sebanyak 20 mega.

“Namun begitu, daya tersebut belum juga cukup,” ujarnya.

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sejak tahun 2016 membangun SKPT Natuna dengan nilai investasi Rp 112,2 miliar agar kapal ikan yang beroperasi di perairan Natuna dapat menjual ikan tangkapan nelayan.

Menurut data, potensi perikanan di Natuna mencapai 1.143.341 ton. Selain memiliki cold storage, SKPT Natuna juga memiliki Air Blast Freezing (ABF) storage dengan kapasitas 16 ton. ABF storage tersebut berfungsi untuk mendinginkan hasil tangkapan nelayan yang baru mendarat di SKPT sebelum nantinya disimpan di cold storage. ( KO \ RED \ Oki/ Iman ~ NATUNA ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *