Pemkab Karimun Sediakan Hadiah Puluhan Juta Bagi Pemenang Festival Lampu Colok

KEPRIONLINE.CO.ID,KARIMUN – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun,Kepulauhan Riau (Kepri) kembali mengadakan Festival Lampu Colok dalam bulan suci ramadhan 1439 Hijriah.

Pelaksanaan Festival Lampu Colok tersebut akan dimulai  27 Mei atau bertepatan pada 11 ramadhan dan untuk penilaihan akan dilaksanakan satu minggu sebelum lebaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun Zamri melalui Kabid Budaya Asmijar Firtati mengatakan,Festival lampu colok akan dilaksanakan sebagai mana mestinya tahun kemarin yang diikuti hanya empat Kecamatan diantaranya,Meral Kota,Meral Barat,Tebing dan Karimun.

Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi sejak dullu sesuai dengan kebiasaan atau kemauan masyarakat yang memang  dianjurkan untuk mengikuti festival karana dianggap dapat menjagah keselestarian budaya melayu,Katanya.

Hartati menjelaskan,Bahwa sampai saat ini sudah 6 kelompok yang telah mendaftar dalam Festival Lampu Colok tersebut.

Mudah-mudahan Festival Lampu Colok yang menjadi agenda tahunan ini kedepanya dapat menjadi icon masyarakat khususnya saat Bulan Suci Ramadhan,Katanya.

Dikatakanya lagi,Untuk kriteria penilaian aspek bangunan meliputi,Arsiktektur bangunan gapura yang bernuasa islami,Keindahan dan kemerihan lampu colok,Partisipasi masyarakat dalam ikut serta kemeriahan lampu colok,Tinggi pintu gapura  minimal wajib 4 meter,Lebar gapura tidak mengenai drainase dan badan jalan dan Lokasi gapura tidak berada di area tengangan listrik.

Walaupun memerlukakan modal yang lumayan besar antusias masyarakat dalam mengikuti Festiaval Lampu Colok sangat kuat dan baik sekali,Katanya.

Adapun hadiah yang akan diberikan kepada pemenang,Yaitu  juara satu sebesar 10.juta,Juara II Rp.8.juta,Juara III Rp.6 juta,Juara IV Rp.4 juta,Juara V Rp 3 juta dan juara VI Rp 2.Juta

Sedangkan juara VII sampai dengan X masing-masing akan diberikan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta rupiah,Ungkap Kabid Budaya Kabupaten Karimun Asmijar Firtati Kepada Keprionline,Kamis ( 24 / 05 ). ( KEPRIONLINE KARIMUN / EDO ).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *