Pejabat Bintan Bersama Masyarakat Adakan Syukuran

Keprionline.com,Bintan – Bupati Bintan bersama Ketua LAM Kepri H Abdul Razak, Sekda Bintan Lamidi, Kadis PU Juniriyanto, pejabat eselon di lingkungan Pemkab Bintan dan tokoh masyarakat di sekitar Gunung Bintan melakukan syukuran atas penyelesaian pembangunan jembatan Sei Bintan.

Hal ini disambut baik oleh masyarakat setempat yang langsung dapat menikmati akses jalan lintas barat tersebut. Seorang tokoh masyarakat Bintan Bekapur,

H Yakob, menyatakan, masyarakat berterima kasih kepada pemerintah dan merasa terbantu atas penyelesaian jembatan Sei Bintan. Karena jarak yang terlalu jauh untuk ke Tanjungpinang.

“Sejak beberapa pekan lalu, jembatan Sei Bintan sudah kami manfaatkan. Jarak ke Tanjungpinang untuk akses ekonomi nelayan dan petani terasa sangat dekat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Yakob

Syukuran ini dilaksanakan atas aspirasi tokoh agama dan masyarakat di sekitar Gunung Bintan yang ditandai dengan penaburan beras kuning oleh tokoh agama dan pemuka adat. Hal itu dilakukan karena selama proses pembangunan jembatan Sei Bintan banyak menghadapi hal-hal di luar jangkauan akal sehat “Hari ini kita hanya syukuran atas penyelesaian pembangunan jembatan Sei Bintan saja, bukan peresmian. Sedangkan peresmiannya akan dilaksanakan tahun 2013 nanti bersamaan dengan peresmian jembatan lain serta jalan lintas barat,” tegas Ansar di sela-sela syukuran di lokasi pembangunan jembatan Sei Bintan kamis pagi 01 November 2012.

Sejalan dengan itu, Pemkab Bintan akan menjadikan Desa Bintan Bekapur dan Kampung Enau serta beberapa desa di kaki Gunung Bintan menjadi desa wisata yang dapat dinikmati para wisatawan. Pengelolaan nya akan dilakukan pemerintah dengan pariwisata Lagoi. Sehingga para turis bisa datang ke Bintan Bekapur. Itu jelas akan memberikan manfaat bagi ekonomi masyarakat,” tambah Bupati

Bupati Bintan, menjelaskan, jalan lintas barat dari KM 16 sampai ke Busung Bintan Utara sepanjang kurang lebih 50 KM. Selama ini, untuk mencapai Bintan Utara harus menempuh jarak 90 KM. Dengan keberadaan jalan lintas barat, hampir 40 KM sudah dilakukan efisiensi jarak dan waktu. Jalan lintas barat dihubungkan 6 buah jembatan. Mulai dari Jembatan gesek, Kangboi, Sei Bintan, Anculai, Ekang/Sekuning dan Busung. Dari 6 jembatan itu, jembatan Gesek dan Busung sudah digunakan sejak tahun lalu. Sekarang, jembatan Sei Bintan sudah siap dibangun dan bisa digunakan masyarakat.

Sedangkan Untuk penyelesaian pembangunan jembatan Ekang di Desa Sekuning diperkirakan selesai Desember 2012 ini. Sedangkan jembatan Anculai sekitar Agustus 2013 nanti. Begitu juga dengan pembangunan jembatan Kangboi di Desa Tembeling,yang diperkirakan rampung pada April atau paling lambat Mei 2013.

Harapan kedepan, Bupati Bintan berharap dengan dibukanya akses lintas barat dan jembatan ini, dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat sekitar serta dapat memutuskan mata rantai kemiskinan struktural di masyarakat Bintan.( KO )

Read 2055 times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *