Kunjungan DPRD Kab Belitung

Keprionline.com,Bintan – 12 orang anggota DPRD Kabupaten Belitung melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Bintan Bandar Seri Bintan di Desa Bintan Buyu pada hari Selasa (30/10/2012). Kunjungan tersebut langsung disambut oleh Asisten Administrasi Umum RAJA M. AKIB mewakili Bupati Bintan Ansar Ahmad, SE,MM didampingi beberapa Kabag di lingkungan Pemkab Bintan. Rombongan DPRD Kabupaten Belitung diketuai oleh ANDI SAPARUDIN LANNA, SH

orang anggota DPRD Kabupaten Belitung melakukan kunjungan kerja ke Kantor Bupati Bintan Bandar Seri Bintan di Desa Bintan Buyu pada hari Selasa (30/10/2012). Kunjungan tersebut langsung disambut oleh Asisten Administrasi Umum RAJA M. AKIB mewakili Bupati Bintan Ansar Ahmad, SE,MM didampingi beberapa Kabag di lingkungan Pemkab Bintan. Rombongan DPRD Kabupaten Belitung diketuai oleh ANDI SAPARUDIN LANNA, SH

Pada kesempatan itu Ketua rombongan DPRD Kabupaten Belitung ANDI SAPARUDIN LANNA, SH menjelaskan tujuan kunjungan mereka adalah untuk mempelajari masalah : Pengelolaan pertambangan, pengelolaan perkebunan, pariwisata terutama dalam pengembangan kawasan Lagoi, perhubungan dan kepelabuhanan. ANDI SAPARUDIN LANNA, SH menerangkan bahwa daerah mereka dikenal dengan sebutan “Negeri Laskar Pelangi”. Kabupaten Belitung merupakan salah satu kabupaten (dari enam kabupaten dan satu kotamadya) yang merupakan bagian dari wilayah propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Secara geografis Kabupaten Belitung memiliki luas wilayah 229.369 Ha, dimana sebelah Utara berbatasan dengan Laut Cina Selatan, Timur dengan Kab. Belitung Timur, Selatan dengan Laut Jawa dan sebelah Barat dengan Selat Gaspar.

Sementara itu Asisten Asisten Administrasi Umum RAJA M. AKIB menjelaskan bahwa untuk pertambangan Kab. Bintan terkenal dengan penghasil beberapa bahan tambang yaitu :

– Bauksit = di Kec. Tlk. Bintan, Bintan Timur, Bintan Pesisir dan Mantang

– Granit = Kec. Gunung Kijang, Bintan Pesisir dan Bintan Timur

– Pasir Darat = Kec. Gunung Kijang

– Tanah Urug =Tersebar di Kabupaten Bintan.

Adapun jumlah perusahaan ; Pasir Darat Sebanyak 5 Perusahaan, Granit sebanyak 2 Perusahaan, dan perusahaan Bauksit sebanyak 9 buah.

Dalam bidang pertanian telah dilakukan uji multi lokasi salak varietas unggul di Balai Benih Kabupaten Bintan pada tahun 2009 yang lalu dan telah memasuki tahap pelepasan salak varietas unggul. Program pengembangan uji multi lokasi salak varietas unggul merupakan hasil kerjasana antara Balai Penelitian Buah Solok Sematera Barat, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) di Pekanbaru dan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Bintan. Pada Tahun 2009 telah dilepas 3 varietas Salak Sari Intan yang merupakan singkatan dari Salak Research Institute Of Fruit Bintan hasil kegiatan uji multi lokasi salak varietas unggul di Kabupaten Bintan yaitu : Salak Sari Intan 48 ; Salak Sari Intan 541 ; Salak Sari Intan 295.

  1. AKIB juga mengatakan bahwa untuk pengembangan buah Naga 2005-2010, Pemkab telah menetapkan kawasan agropolitan di Kecamatan Toapaya. 2010, Pembukaan lahan seluas 18 Ha untuk tanaman buah naga. 2011, Pembebasan lahan untuk perluasan lahan kebun seluas 30 Ha lagi. Peningkatan pemasaran produk-produk komoditas, keluaran dan hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah terlaksananya partisipasi dalam Pameran Produk Flori Flora Nasional tingkat nasional (P2FN) di Batam pada tanggal 15 juli s/d 22 Juli 2010. Kabupaten Bintan melalui Bintan Resort Cakrawala dan Dinas Pertanian dan Kehutanan telah mendapat juara lomba sebagai berikut:

– Juara I Kategori Flower Carnival oleh Bintan Resort Cakrawala (BRC)

– Juara II Kategori Cluster tanaman hias

– Juara harapan II Kategori Cluster tanaman buah

– Juara harapan III Kategori Cluster tanaman sayuran dan Biofarmaka

Acara diakhiri dengan saling tukar menukar cenderamata khas dari masing-masing Kabupaten.( KO )

Read 2157 times

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *