Ketua IBI Moro Himbau Kaum Wanita Cegah Kanker Serviks Mulai Dini

Keprionline.co.id , Karimun – Ketua Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) Ranting Moro , Yulfrida Siagian Amkeb menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya kaum wanita untuk mencegah karker serviks mulai dari sekarang . Kanker serviks salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan ini salah satu masalah utama pada kesehatan perempuan .

Kanker leher rahim ( Kanker Serviks ) merupakan salah satu penyakit peringkat teratas di Dunia yang dapat menyebabkan kematian pada wanita. Kanker serviks merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahim yang biasanya menjangkit pada wanita diusia 35-55 tahun . Di Indonesia terdapat lebih dari 15.000 kasus kanker servik baru dan kurang lebih 8.000 kematian per tahun.

Untuk mengurangi angka penderita penyakit ini , wanita khsususnya Ibu Rumah Tangga ( IRT ) perlu melakukan pemeriksaan IVA ( Inpeksi Visual dengan Asam Asetat ) dan ini sudah kami lakukan di Puskemas Niur permai beberapa waktu yang lalu . Masyarakat Di Dusun Niur Permai sangat antusias untuk tes IVA dimana target awal kami hanya 20 orang ternyata yang datang mendaftar mencapai 60 orang dan hanya 50 orang yang bisa kamu periksan dan untuk 10 orang lagi tidak kami lakukan pemeriksaan karena datang bulan , kata Ketua Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) Ranting Moro , Yulfrida Siagian Amkeb .

Sementara kegiatan pemeriksaan IVA ( Inpeksi Visual dengan Asam Asetat ) diselenggarakan oleh Ikatan Bidan Indonesia ( IBI ) dalam rangka HUT R.A Kartini ke-138 tahun dengan tema , ” Dengan semangat juang emansipasi R.A. Kartini kita tingkatkan profesionalisme Bidan menuju Indonesia sehat dan bebas kanker serviks ” dan kegiatan ini diselenggarakan di Puskesmas Dusun Niur Permai beberapa waktu yang lalu . ( KO / Red / jhon – KRM ) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *