NATUNA

Kepala Desa Binjai Berharap Bumdes Mampu Ciptakan Bibit Enterpreuner Handal

KEPRIONLINE.CO.ID , NATUNA – Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) diharapkan bisa menciptakan banyak bibit-bibit enterpreuner handal yang muncul dari Desa selain memperkokoh fondasi ekonomi desa.

Kepala Desa Binjai, Kecamatan Bunguran Barat, Said Muhammad Abdul Rosyid menilai dengan terbitnya Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan, dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa maka BUMDes, bisa menunjang lahirnya entrepreneur baru agar bisa menjadi Desa maju.

“Desa akan berdiri secara mandiri dan ke depan akan mampu memiliki kontribusi dalam mewujudkan cita-cita desa sebagai desa yang maju, sejajar dari desa-desa lain,”kata Said, di Kantornya, Rabu (19/7/2017).

Jika diatur dengan baik, BUMDes menurut Said bisa meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mampu menciptakan lapangan kerja serta bisa menambah Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Banyak peluang yang bisa dimanfaatkan di desa, misalnya menghasilkan beberapa kerajinan tangan dari Masyarakat yang memiliki nilai jual kemudian menjalankan ”bisnis sosial” yang melayani warga, yakni dapat melakukan pelayanan publik kepada masyarakat,”ucap Said.

Lanjut Said, BUMDesa ini memberikan social benefits kepada warga, meskipun tidak memperoleh economic profit yang besar. Contoh jenis usaha Serving yaitu Usaha air minum desa baik pengelolaan air bersih maupun pengelolaan air minum (suling), dan juga pengelolaan Tenda Desa dan perlengkapan-perlengkapan untuk pesta pernikahan yang akan kita serahkan secepatnya kepada BUMDes untuk di kelola.

Dengan begitu, desa akan berdiri secara mandiri dan ke depan akan mampu memiliki kontribusi dalam mewujudkan cita-cita Desa dan sejajar dengan desa-desa yang lain.

Pada awal Tahun 2017 BUMDes Binjai Kecamatan Bunguran Barat atau yg di beri nama Sri Serindit Gemilang dengan Motto “merangkai Usaha, Meraih Gemilang” BUMDes ini sudah memiliki beberapa bidang usaha yang dijalani, diantaranya angkutan perdesaan dan Somel.

“Alhamdulillah dari awal tahun 2017 ini BUMDes di desa kita sudah memiliki 2 bidang usaha, Antara lain transfortasi perdesaan yang digunakan untuk membawa hasil tani masyarakat, serta usaha somel untuk pembuatan meja, lemari dll, yang nantinya akan dijual di desa Binjai ini sendiri maupun dijual ke tempat lain,”Jelas Said.

Dijelaskan Said, BUMDes didesa Binjai memiliki 6 orang anggota tetap. Direktur utama dipimpin oleh Zurmidan.

Lanjutnya, untuk pembagian hasil atau pendapatan, Cadangan Modal 50 %, Pendapatan Asli Desa 20 %, Jasa Produksi 15 %, Oprasional 10 %, dan Dana Sosial 5 %. Sistem hitungan akan dilaksanakan pada akhir tahun , kata Said Muhammad Abdul Rosyid ( KO / RED / IMAN – NATUNA ) .

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close