BISNIS

Kehadiran Media Online Tumbangkan Media Cetak , Surat Kabar Ternama Di Dunia Wall Street Journal Hari Ini Tutup Edisi Cetak

KEPRIONLINE.CO.ID , BISNIS – Surat kabar ekonomi tersohor dunia, Wall Street Journal keteteran menghadapi persaingan era digital. Pendapatan iklan yang makin menyusut membuat media yang masuk grup News Corp milik Rupert Murdoch itu terpaksa menutup edisi cetak di Eropa dan Asia.

Edisi cetak terakhir Wall Street Journal di Eropa terbit Jumat ini (29/9). Sedangkan edisi cetak terakhir di Asia sepekan kemudian atau Jumat pekan depan. Demikian dilaporkan surat kabar tersebut mengutip pejabat perusahaan seperti dilansir Bloomberg. Staf Wall Street Journal yang terkena dampak kebijakan tersebut telah dipekerjakan kembali.

Era digital yang berubah cepat membuat Wall Street Journal melakukan transformasi bisnis. Sepanjang tahun lalu, Wall Street Journal mulai menerapkan rencana bisnis yang mereka sebut sebagai “WSJ 2020”. Ini merupakan rencana tiga tahun untuk menyesuaikan diri dengan selera pembaca yang lebih memilih mendapatkan berita lewat ponsel pintar mereka.

Rencana tersebut antara lain dengan menggabungkan beberapa bagian dari media cetak milik Wall Street Journal. Konsekuensinya ada pemangkasan sejumlah staf.

Seperti surat kabar lainnya, Wall Street Journal berusaha menarik lebih banyak pelanggan secara online untuk mengompensasi penurunan iklan di media cetak. Strategi lain adalah menaikkan harga langganan. Pada kuartal II 2017, pendapatan iklan cetak Wall Street Journal turun 12%. Media ini memiliki sekitar 1,3 juta pelanggan digital di kuartal tersebut.

Edisi cetak Wall Street Journal di Asia terbit pertama kali pada tahun 1976. Sedangkan edisi cetak Eropa meluncur tahun 1983. Surat kabar milik raja media Rupert Murdoch ini menjadi salah satu rujukan informasi bagi pelaku pasar.

Awal tahun ini, perwakilan serikat pekerja mengatakan kepada Bloomberg bahwa Wall Street Journal telah memberhentikan pegawai di biro di Asia dan Eropa. Pada saat itu, Wall Street Journal menyatakan berkomitmen untuk meliput wilayah Asia Di kutip dari Kontan.co.id . ( KEPRIONLINE BISNIS )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close