Ini KRI Sigurot 864, Kapal Milik TNI AL Untuk Menangkap Sunrise Glory Pembawa Sabu 1 TON

KEPRIONLINE.CO.ID, BATAM ~ Keberhasilan TNI AL dalam penangkapan Kapal MV. Sunrise Glory berbendera Singapura tidak bisa lepas dari kehebatan KRI Sigurot 864 dan para awaknya, (10/02/2018).

KRI Sigurot 864 adalah salah satu unsur Koarmabar yang melaksanakan Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Singapura. Kapal perang dari kelas SibarauShip ini dulu nya adalah HMAS Assail, sebuah kapal patroli kelas Attack milik Royal Australia Navi (RAN). Sijurot sendiri diambil dari nama jenis ikan di perairan Indonesia.

Komandan Kapal Sijurot 864, Mayor Laut Arizona Bintara kepada keprionline.co.id mengatakan bahwa KRI Sijurot 864 ini memiliki fungsi yang stategis.

“KRI Sijurot 864 ini fungsinya sama seperti kapal perang lainnya yang dimiliki TNI AL yang berperan stategis dalam menjaga kedaulatan NKRI dari ancaman kapal-kapal musuh. Kapal Sijurot ini diproduksi oleh Evans Deakin Ltd, Australia. Kapal ini diserahkan kepada Pemerintah Indonesia sebagai pembeli guna menambah jumlah kapal patroli,” katanya.

“Pada tanggal 9 April 1985 resmi masuk jajaran kapal Patroli Armada RI dengan fungsi pokok adalah Kapal Patroli terbatas dalam Operasi Keamanan Laut (Opskamla) dan peperangan anti permukaan,” tambahnya.

KRI Sigurot 864 ini memiliki draft 2,19 meter dengan memakai dua propeler dan dua rudder yang menjadikannya lincah bergerak. Kelincahan bergerak dan bermanuver ini berimbas pada kemampuan mengejar dan menangkap kapal MV. Sunrise Glory di Perairan Selat Phillips dan tentunya dengan profesionalisme para awaknya. Kapal ini juga dilengkapi dengan meriam kaliber 40 milli yang mampu melakukan tembakan dan daya hancur yang hebat.

KRI Sijurot 864 ini kini bertugas di Satuan Kapal Patroli Koarmabar Lantamal IV. Bravo KRI Sijurot 864! ( KEPRIONLINE BATAM \ GIBSON ).

(KEPRIONLINE/BATAM/MANURUNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *