TANJUNG BALAI KARIMUN

Imigrasi Amankan Tiga WNA Ilegal di Karimun

 

KEPRIONLINE.CO.ID , KARIMUN – Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun mengamankan tiga orang warga negara asing (WNA) asal Vietnam pada saat melakukan pengawasan di Kecamatan Meral pada Kamis (5/7/2018).

Ketiga orang WNA tersebut diamankan pada saat petugas Imigrasi melakukan kegiatan pengawasan di daerah Meral disebuah ruko. Dimana petugas mencurigai dua orang yang diduga WNA sedang melakukan kegiatan bekerja.

“Pada saat petugas kita datang, kedua WNA yang berinisial TTM dan HVN menggunakan pakaian kerja yang berlumuran oli. Kita lakukan wawancara awal, keduanya diduga merupakan teknisi mesin kapal ikan,” jelas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun, Mas Arie Yuliansyah saat Pers Rilis di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun Kamis sore.

Lalu pada saat dilakukan pemeriksaan, ternyata di dalam ruko tersebut terdapat 1 orang WNA dengan inisial TDC yang diduga sebagai penerjemah atau penghubung TTM dan HVN dengan pihak dari Indonesia.

Saat ini dugaan atas ketiga orang tersebut telah melakukan pelanggaran Keimigrasian sesuai dengan pasal 122 huruf a UU nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian yakni Setiap orang asing yang dengan sengaja menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud dan tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya.

“Dan bila nanti dalam proses pemeriksaan lebih lanjut ditemukan adanya keterlibatan sponsor atau penjamin seorang warga negara Indonesia maka pihak tersebut akan dikenakan pasal 122 huruf b UU nomor 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian,” katanya.

“Dimana setiap orang yang menyuruh atau memberikan kesempatan kepada orang asing menyalahgunakan atau melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan maksud atau tujuan pemberian izin tinggal yang diberikan kepadanya akan dipidana kurungan 5 tahun dan denda Rp 500 juta,” tambahnya.

Saat ini ketiga orang tenaga kerja asing tersebut masih dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan secara intensif di Kantor Imigrasi Kelas II Tanjungbalai Karimun. ( SUMBER BT / RED ).

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close