Bumdes Se Kabupaten Natuna Ikuti Pelatihan

KEPRIONLINE.CO.ID – NATUNA – Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Indra Joni membuka secara langsung Pelatihan Perencanaan Usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se-Kabupaten Natuna, di Balai Kantor Camat Bunguran Timur Laut, Selasa (25/07).

Pelatihan (Bimtek) ini diselenggarakan atas dasar Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI Nomor 09 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal, dan Transmigrasi RI.

Serta berdasarkan surat keputusan Balai Latihan Masyarakat Pekan Baru Nomor KEP/BLM-PKU/07/2017 tentang Penunjukan Penyelenggara, Pemandu/Assiten Pemadu, Peserta dan Pengarah Pelatihan Perencanaa Usaha BUMDes di Kecamatan Bunguran Timur Laut.

“Pelatihan ini merupakan kesempatan emas untuk peserta terutama pada pengurus BUMDes, karena tidak semua daerah mendapat pelatihan seperti ini.Selain itu, pelatihan ini secara langsung dipandu langsung oleh tim Balai Latihan Masyarakat Pekan Baru dan DPMD Kabupaten Natuna,”Kata Kadis PMD, Indra Joni dalam sambutannya.

Dikatakan Indra Joni, tujuan utama pelatihan ini untuk meningkatkan kapasitas pengelola BUMDes agar transfaran, efektif, efisien dan akuntabel dalam pengelolaan BUMDes.

“Terutama kita ingin meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui penguatan kelembagaan dalam manajement pengelolaan BUMDes dan meningkatkan kemampuan SDM dalam mengelola bidang ekonomi desa secara mandiri dan berkelanjutan,”jelasnya.

“Kita harus meningkatkan kemajuan desa melalui BUMDes, karena banyak sektor yang bisa diolah oleh BUMDes untuk meningkatkan pendapatan anggaran desa (PAD) serta mengembangkan perekonomian desa,”Lanjutnya.

Hal senada disampaikan Camat Bunguran Timur Laut, Drs. H. Ahmad, MM, pelatihan ini sangat banyak memberikan manfaat selain materi dan pengetahuan yang bisa kita dapatkan untuk pembangunan BUMDed.

“Kita berharap semua bisa mengikuti pelatihan ini sampai selesai. Kami sebagai tuan rumah mengucapkan terimakasih karena memilih kecamatan Bunguran Timur Laut sebagai tuan rumah untuk pelatihan ini,”ucapnya.

Kegiatan Pelatihan Perencanaan Usaha BUMDes dilaksanakan selama 7 (Tujuh) hari dimulai dari tanggal 25 sampai 31 juli 2017. Peserta pelatihan diikuti sebanyak 40 (Empat Puluh) orang yang berasal dari 20 desa dari 5 Kecamatan di Kabupaten Natuna.

Pemandu/Assiten pemadu dalam pelaksaan pelatihan ini langsung dari Balai Latihan Masyarakat Pekan Baru, Maju Edi Simanjuntak, dan Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat pada Dinas PMD Natuna, Irlizar, S.Sos.

Pembukaan pelatihan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Indra Joni, dan Camat Bunguran Timur Laut H. Ahmad, Kabid Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat DPMD Irlizar, Kepala Kasi Pengembangan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMD Suryati Widyastuti, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Masyarakat DPMD Adi Candra, Pemandu Balai Latihan Masyarakat Pekan Baru Maju Edi Simanjuntak dan Ike Merdeka Wati. ( KO / RED / IMAN – NATUNA ) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *