Anjing Pelacak Ikut Ambil Peran Menemukan 1 Ton Sabu di Perairan Kepri

KEPRIONLINE.CO.ID, BATAM ~ Kapal “SUN GLORY” berbendera Singapura pengangkut narkoba jenis sabu seberat satu ton lebih saat ini telah ditahan pihak Lanal Batam, Sabtu, (10/02/2018).

Keberhasilan dari TNI AL dalam mengungkap dan menangkap kapal pengangkut sabu ini mendapat apresiasi yang tinggi dari para petinggi TNI AL, Polri, BNN dan juga masyarakat umum. Seluruh tim yang tergabung dalam operasi besar ini terutama seluruh awak KRI Sigurot-864 mendapat atensi khusus dari WaKasal, Laksamana Madya Taufikurrohman.

Sementara itu tim dari Bea Cukai Batam juga turut andil dalam keberhasilan pengungkapan kasus ini. Adalah Andro, Anjing pelacak milik Bea Cukai Batam ini juga sangat berjasa dalam melacak keberadaan sabu di dalam kapal tangkapan itu.

Pelatih anjing pelacak Bea Cukai Batam, Andrew Parulian Sinaga mengatakan bahwa anjing pelacak ini sudah sangat terlatih untuk tugas-tugas pelacakan narkoba.

“Anjing pelacak milik Bea Cukai ini jenis Labrador berusia 4 tahun. Memang sudah mendapat pelatihan khusus di Training Centre Bea Cukai Pusat Jakarta. Sekarang sudah dibawa ke Bea Cukai Batam. Kita latih lagi di sini selama 4 bulan untuk membantu tugas-tugas pelacakan. Seperti dalam kasus ini, anjing pelacak kita diturunkan terlebih dahulu untuk melacak keberadaan sabu di dalam kapal. Dan dengan bantuannya ditemukanlah keberadaan barang haram tersebut,” katanya kepada keprionline.co.id.

Dirinya juga mengakui bahwa ada pelatihan khusus untuk tetap mengasah dan meningkatkan kemampuan Andro.

“Andro ini ada olah raga setiap hari. Andro harus jogging durasi setengah jam setiap harinya. Lalu ada pemberian vitamin untuk perawatan tulang, kulit dan bulunya. Hingga umur 8 tahun nanti jasa nya masih kita harapkan,” tambahnya.

Hal senada juga dikatakan oleh WaKasal, Laksamana Madya Taufikurrohman.

“Anjing pelacak milik Bea Cukai ini sempat pusing dan mabuk saat melacak keberadaan sabu di dalam kapal. Mungkin karena sabunya terlalu banyak sehingga anjing pelacaknya juga tidak tahan mencium aroma barang haram tersebut,” katanya.

Itulah Andro, sosok anjing gagah yang juga memberi sumbangsih berarti dalam pengungkapan kasus sabu seberat satu ton lebih ini. (KEPRIONLINE/BATAM/MANURUNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *