Dinas Sosial Tanjungpinang, Anak jalanan dan Putus Sekolah menjadi Prioritas kami

KEPRIONLINE.CO.ID, TANJUNGPINANG, ~ Fenomena keberadaan anak jalanan dan putus sekolah di Kota Gurindam Tanjungpinang masih menjadi masalah yang kompleks. Kompleksitas masalah ini berdampak pada peningkatan jumlah anak jalanan dan putus sekolah yang cukup signifikan.

Kepala Dinas Sosial Kota Tanjungpinang, Agustiawarman saat diwawancarai oleh keprionline.co.id usai mengikuti peringatan hari Disabilitas Internasional di Gedung Arsip Kota Tanjungpinang Senin (4/12) mengatakan,”Anak jalanan dan putus sekolah ini sudah dalam penanganan kami selama ini. Memang harus diakui bahwa jumlah mereka selalu bertambah dari tahun ke tahun. Dinas Sosial sendiri sudah berbuat semampu kami dalam penanganannya. Masalah anak jalanan dan putus sekolah ini sangat kompleks. Kita sudah upayakan merangkul mereka, memberi mereka pelatihan dan pendidikan dalam waktu tertentu. Tetapi sesudah itu mereka turun lagi ke jalan, jualan koran lagi tanpa sekolah,” tuturnya.

Agustiawarman juga mengakui bahwa faktor ekonomi menjadi penyebab terbesar peningkatan jumlah anak jalanan ini.

“Faktor ekonomi dan kurangnya perhatian orang tua terhadap anak menjadi penyebab utama peningkatan jumlah anak jalanan ini. Kita tahu bahwa banyak orang tua yang ekonominya lemah sehingga anak diharapkan dapat membantu mencari nafkah dengan turun ke jalan, padahal anak tersebut masih usia sekolah. Mereka tidak punya pilihan lain selain turun ke jalanan. Menjual koran, mencari barang bekas dan lain-lain,” tambahnya.

Ke depan pemerintah kota Tanjungpinang melalui Dinas Sosial akan melakukan upaya penanganan yang lebih maksimal lagi terhadap masalah anak jalanan dan putus sekolah ini.

“Wajib belajar 9 tahun itu berlaku di seluruh Indonesia. Dan kita tidak ingin ada lagi anak usia sekolah yang putus sekolah di Tanjungpinang ini. Mereka perlu penanganan dan pendampingan lebih baik lagi. Kita ingin generasi muda Tanjungpinang menjadi generasi yang unggul dan berprestasi,” tutupnya.

(KEPRIONLINE/TANJUNGPINANG/GIBSON MANURUNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *