Disdik Kepri akan kucurkan Rp. 5 M bantu Mahasiswa

KEPRIONLINE.CO.ID, KEPRI ~ Bulan Desember 2017 Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepulauan Riau anggarkan bea siswa dan bantuan pendidikan tinggi sebesar Rp. 5 M. Dana sebesar itu diperuntukkan bagi putra-putri asal Kepri guna menunjang dunia pendidikan.

Diakui bahwa dalam dua tahun belakangan ini anggaran dana tersebut sempat dihentikan karena anggaran yang dimiliki provinsi Kepri sangat minim. Beruntung, di tahun 2017 Disdik bersama Komisi IV DPRD Provinsi Kepri kembali menganggarkannya.

Saat keprionline.co.id mewawancarai Kadis Pendidikan Provinsi, Arifin Nasir mengatakan bahwa banyak berkas proposal yang sudah diterima yang butuh verifikasi, (24/11).

“Sekitar 3.500 berkas proposal sudah kami terima. Ada yang berasal dari Bandung, Yogyakarta, Jakarta, Medan dan Kepri. Bea siswa ini sendiri diperuntukkan bagi mahasiswa daerah asal Kepri karena alokasi dana ini berasal dari APBD,” katanya.

Masih menurut Arifin, pihaknya masih mengusahakan waktu yang tepat untuk pendistribusian dana bea siswa tersebut.

“Kami mengusahakan paling lambat awal Desember 2017 dana tersebut sudah bisa kita distribusikan kepada yang berhak. Kita memang butuh waktu untuk verifikasi, sementara tenaga kita cukup terbatas. Yang jelas 5 M itu dibagi dengan mahasiswa kemitraan yang sudah berjalan beberapa tahun. Adapun besaran yang diterima si penerima adalah sebesar Rp. 2-3 Jt. Jumlah besaran tersebut telah tertuang dalam Pergub. Kita harapkan berkas proposal yang dimasukkan haruslah akurat dan jangan dipalsukan,” tambahnya.

Sementara menurut Anggota Komisi IV DPRD Kepri, Hj. Dewi Kumalasari menyatakan bahwa dirinya dan anggota komisi IV mendorong agar dana bea siswa dan bantuan pendidikan tersebut segera didistribusikan.

“Disdik harus kerja lebih maksimal lagi agar dana tersebut segera disalurkan. Kami di komisi IV sangat memprioritaskan dunia pendidikan. Penyaluran dana tersebut harus tepat sasaran dan selektif. Tapi yang jelas harus segera didistribusikan karena anak-anak kita jelas sangat membutuhkannya,” katanya.(KEPRIONLINE/TANJUNGPINANG/GIBSON MANURUNG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *