Lakukan Transfer BBM Ilegal MT Alexander Diamankan Tim WFQR Lantamal IV

Keprionline.co.id , Tanjungpinang – MT Alexander diamankan oleh tim Fleet Quick Response (WFQR) Lantamal IV karenaada dugaan melakukan transfer Bahan Bakar Minyak ( BBM ) Ilegal diwilayah Ship To Ship ( STS ) atau OPL Selasa ( 14 / 03 ) .

Komandan Lantamal IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI (Laksma) S. Irawan mengatakan MT Alexander menjadi target operasi tim WFQR Lantamal IV setelah adanya informasi berkaitan dengan aktivitas illegal yang akan dilakukan oleh kapal MT. Alexander .

Hasil pemeriksaan, MT Alexander GT 307 berbendera Malabo di nahkodai oleh “AH” dengan ABK lima orang warga negara Indonesia. Menurut pengakuan nahkoda, kapal milik “AD” tersebut akan berlayar tanpa muatan dari Batam menuju Johor, Malaysia.

“Tim menemukan pelanggaran yang dilakukan, diantaranya Nahkoda dan KKM tidak memiliki SKK, tidak memiliki Sijil, tidak dilengkapi dengan buku pelaut dan crew list,” ungkap jenderal TNI AL bintang satu ini.

Lebih lanjut Danlantamal IV Tanjungpinang menegaskan setelah dilakukan koordinasi dengan pihak KSOP Batam, diduga SPB (surat perintah berlayar) yang ditunjukan adalah palsu, hal ini diindikasikan dari tidak adanya tanggal dan waktu keberangkatan kapal serta jumlah ABK.

“MT Alexander diduga kuat akan melaksanakan kegiatan illegal berupa transfer BBM antar kapal atau ship to ship di perairan OPL, untuk itu akan dilakukan pendalaman lebih lanjut,” ujar Laksma S. Irawan.

Kapal beserta seluruh ABK dan muatan dibawah pengawalan tim WFQR 4 dibawa menuju dermaga Yos Sudarso Mako Lantamal IV Tanjungpinang guna prnyelidikan lebih lanjut.  ( Dispen Lantamal IV/Wok / keprionline Tanjungpinang ).
Editor Yaya Pratiwi

Share On Facebook
Share On Twitter
Share On Google Plus
Share On Linkedin
Share On Pinterest
Share On Reddit
Share On Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *